Penipuan phishing adalah pesan online yang dirancang agar terlihat seperti berasal dari sumber tepercaya. Kita mungkin membuka apa yang kita pikir adalah email, lampiran, atau gambar, yang akhirnya kita terkena malware atau penipu yang mencari data pribadi kita. Kabar baiknya adalah kita dapat mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi data penting kita. Berikut cara mengenali tanda-tanda dan melaporkan phishing untuk melindungi perangkat dan data:
A. Kenali tanda-tanda umum Phising dan Spam
- Adanya kata-kata yang Mendesak atau bernada emosional
- Terdapat URL singkat yang tidak tepercaya/menggunakan bahasa yang menarik
- Alamat email yang tidak sesuai (dipalsukan)
- Berisi Permintaan untuk mengirim informasi pribadi atau data keuangan
- Penulisan/kesalahan ejaan yang buruk (kurang umum)
- Lampiran yang tidak lazim
B. Tolak dan Laporkan
Laporkan pesan yang mencurigakan dengan menggunakan fitur “laporkan spam”. Jika pesan dirancang agar menyerupai organisasi yang Anda percayai, laporkan pesan dengan memberi tahu organisasi menggunakan informasi kontak yang ditemukan di halaman web mereka.
C. Hapus pesan.
Jangan membalas atau mengklik lampiran atau tautan apa pun, termasuk tautan “berhenti berlangganan”. Tombol berhenti berlangganan juga dapat membawa tautan yang digunakan untuk phishing, Lebih baik dihapus saja.
Jika sebuah pesan terlihat mencurigakan, kemungkinan itu adalah phishing. Untuk mencegah supaya tidak terjadi, maka jangan klik tautan, lampiran, atau hubungi nomor apa pun. Cari cara lain untuk menghubungi perusahaan atau orang secara langsung: • Buka situs web perusahaan untuk menemukan informasi kontak mereka • Hubungi orang tersebut di nomor yang diketahui dan konfirmasikan apakah mereka mengirim pesan. Menghindari phishing adalah salah satu cara untuk Mengamankan Dunia Digital Kita. Kita semua dapat saling membantu untuk tetap aman saat online, jadi bagikan kiat-kiat ini dengan anggota keluarga atau teman!!!